Perbedaan Sewa Kamar Homestay Dan Sewa Guesthouse

Tipe penginapan apa yang biasa anda gunakan ketika liburan? Hotel, penginapan, indekos, gueshouse atau sewa kamar homestay? Semuanya merupakan tipe tempat menginap yang berbeda beda. Namun terkadang sebagian orang tidak dapat membedakan beberapa diantaranya seperti homestay dan guesthouse. Kali ini kita akan membedakan antara guesthouse dan homestay itu sendiri, namun sebelumny akan dilihat dari segi persamaannya terlebih dahulu.

SEWA APARTEMEN BULANAN ?

Baca lainnya: sewakamar.id merupakan situs sewa apartemen bulanan di Jakarta dengan fasilitas lengkap

Persamaan guesthouse dan homestay adalah sama sama rumah yang disewakan. Guesthouse maupun homestay adalah rumah warga yang disewakan dengan hitungan harian, mingguan atau bulanan. Keduanya juga sama sama berada diperkampungan warga atau perumahan warga yang mana tidak seperti hotel yang berdiri satu bangunan terpisah. Sehingga keduanya relative lebih nyaman, aman dan anda dapat langsung berkomunikasi dengan warga serta mengenal kebudayaan sekitar.

Apa yang disewakan

Perbedaan antara homestay dan guesthouse adalah item yang disewakan. Homestay biasanya menyewakan kamar sedangkan guesthouse menyewakan full rumah. Jadi apabila anda menyewa homestay maka yang akan anda dapatkan hanyalah satu kamar yang berada dalam rumah dan disana anda akan dimix dengan penyewa lainnya. Sedangkan apabila anda menyewa guest house maka seisi rumah tersebut juga anda sewa meskipun halamannya, jadi tidak akan ada orang lain didalam rumah tersebut selama masa sewa tersebut.

Fasilitas

Fasilitas sewa kamar homestay dan guesthouse juga sangat amat berbeda. Menyewa homestay anda tidak dapat menggunakan fasilitas semena mena karena anda akan tinggal bersama dengan pemilik rumah dan beberapa fasilitas lain akan mewajibkan anda untuk sharing seperti teras atau kamar mandi. Sedangkan guesthouse lebih membebaskan penyewa untuk menggunakan seluruh fasilitas karena yang disewa adalah seisi rumah.

Harga

Harga homestay dan guesthouse juga sangat jauh berbeda. Logikanya homestay hanya menyewa satu kamar sedangkan guesthouse menyewa satu rumah dan seisinya. Mahal tidaknya sebenarnya tergantung dengan liburan seperti apa yang hendak anda lakukan. Karena jika anda hanya pergi dengan kuantitas kecil misalnya solo travel atau berdua maka sebaiknya sewa kamar homestay saja, namun apabila anda bepergian dengan jumlah yang banyak maka sebaiknya sewa guesthouse karena hitungannya akan lebih murah.

Jumlah traveler

Yang membedakan homestay dan guest house adalah jumlah traveler. Biasanya jika anda menggunakan homestay maka jumlah traveler notaben lebih terbatas karena satu kamar maksimum hanya 2 orang. Sedangkan apabila anda menyewa guesthouse maka tidak ada batasan jumlah traveler yang hendak bepergian. Pemilik guesthouse tidak akan menanyakan jumlah traveler karena ia hanya menyewakan rumah dan seisinya, selebihnya dikembalikan pada penyewa.

Pemilik rumah

Bentuk homestay anda guesthouse serupa yaitu berada dilingkungan warga dan berbentuk rumah selayaknya rumah meskipun untuk disewakan. Namun apabila anda menyewa homestay maka anda akan berada satu rumah dengan sang pemilik sedangkan apabila anda menyewa guesthouse maka pemilik rumah akan lepas tangan sepenuhnya untuk penyewa. Pemilik rumah homestay juga biasanya lebih peduli dengan tamunya sedangkan guesthouse akan lebih dibebaskan.

Waktu

Untuk masalah waktu, sebenarnya kedua tempat menginap ini bebas anda sewa kapanpun dan selama apapun. Namun sangat disarankan untuk menyewa guesthouse apabila anda hendak menggunakan untuk waktu yang lama. Karena harga guesthouse relative lebih murah jika semakin lama. Kurang lebih hitunganya seperti paket yang mana lebih lama lebih murah. Sedangkan sewa kamar homestay tetap akan dihitung harian.

Leave a Comment